PERPANJANGAN SIM C YANG KELEWAT 6 BULAN


30 September 2010 Jam 08.30 WIB si HoWin (Honda Win kesayangan)  kembali meluncur ke Palabuhanratu, rute snak yang dilewati lebih kompleks, tidak seperti rute snak menuju Sukabumi, namun jarak tempuh kali ini sedikit lebih pendek, dan hanya memakan waktu ± 2 jam.

Tiba di Palabuhanratu, langsung menuju ruangan pelayanan sim dan menyerang loket II khusus perpanjangan sim, tanpa banyak basa basi BC menyerahkan sim lama dan meminta perpanjangan sim C baru. BC diminta Surat Keterangan Sehat dari dokter dan 2 lembar FC KTP.Untuk mendapatkan SKS dari dokter BC langsung disuruh menuju ke ruang pemeriksaan yang berada di depan Polresta yang bersebelahan dengan tempat Foto Copy (dari pandangan pertama BC rasa tempatnya klop banget dan aura bisnisnya terasa, ha..ha…ha….)
Diruang pemeriksaan 1 kursi kosong sudah menunggu, BC langsung saja duduk dikursi.
Tanpa basa basi sang petugas pun meminta menunjukan KTP kemudian bertanya : tinggi badan brapa? berat badan brapa? (sambil menulis di secarik kertas)

(dalam hati) Lo bukannya petugas seperti bapak yang seharusnya memeriksakan, siapa tau ada perubahan TB, BB, tensi darah, dll. dari tadi BC tunggu pemeriksaannya kapan ?

Kemudian BC diminta menjawab angka-angka yang tertera dalam beberapa kertas (tes baca nih), selesai…

Biayanya 15 Ribu, tanpa banyak komentar BC langsung bayarin. Keluar dari ruangan, berhubung FC KTP sudah di persipain jauh hari sebelumnya, jadi BC ga perlu nengokin lagi tu tempat FCopyan di sebelah ruangan 15 Ribu tadi.

Surat Keterangan Sehat dan 2 lbr FC KTP BC serahin ke Loket II, BC pun langsung di suruh ke meja sebelah bagian adminstrasi guna membayar biaya perpanjangan SIM sebesar Rp. 77.000,- selesai bayar BC diminta mengisi formulir permohonan perpanjangan sim di meja yang telah tersedia (untuk pengisian formulir, cara pengisian sudah ada samplenya di meja tingal ikutin saja).

Selesai pengisian BC serahin Formulir Permohonan ke Loket III, duduk dikursi yang tersedia selang beberapa menit, BC dan 2 orang lain di panggil ke ruang pemotoan.

Sang petugas (ternyata adik kelas BC waktu di sma) sambil bercakap dg ade petugas BC diminta tanda tangan, kemudian sidik ibu jari kiri dan kanan, foto, selesai… nunggu lagi….

± 5 menit BC nunggu, akhirnya dipanggil juga, lega rasanya Sim baru BC sudah ditangan….
Oh ya bro/sis, batas maksimal untuk perpanjangan SIM jangan lebih dari 1 tahun, itu informasi yg BC dapet dari salah satu petugas…..
OK, Keep safety riding….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s