Tips Membeli Ponsel/Handphone/PDA Second/Bekas


Bagi anda yang suka gonta-ganti HP tapi tidak dengan yang baru alias beli bekas atau second dan juga yang punya rencana suatu saat mau beli ponsel bekas sebaiknya memperhatikan spesifikasi handphone tersebut sesuai dengan kebutuhan kita dan beberapa hal di bawah ini :

1. Cek mesin (engine)
Agak sulit memang tapi diusahain jangan sampai mesinnya diganti dengan versi lainnya. Terkadang casing yang masih bagus dapat menipu anda untuk membayar lebih dan tidak membongkar isi ponsel.

2. Cek no imei (mesin)
Harus sama dengan ponsel, dus dan kartu garansinya jangan sampai isi parts di dalamnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

3. Cek menu
Apakah menu semua berfungsi normal, meliputi fungsi2nya : camera, ringtone, vibrate, blutooth, irda, memory card, layar lcd, lampu flash, dllnya, usahakan di cek semuanya apakah masih berfungsi atau tidak.

4. Cek keypad
Apakah enak untuk di pencat pencet

5. Cek flip/Slide
Apakah flip berfungsi baik buka tutupnya, tidak menimbulkan pengaruh terhadap layar jika di buka tutup khusus untuk hp berflip, demikian juga dengan hp jenis slider.

6. Cek signal
Apakah turun naik ? Atau stabil ? Masuk ke menu seting pilih network [pilih manual,search, apakah semua operator tercover ditangkap oleh hp tersebut, mengingat operator umumnya punya dua frekuensi 900/1800.

7. Cek kelengkapan
Charger, hansfree, buku manual, cd driver/ pc suite, dll, usahakan semuanya original, bahan original jauh lebih terjamin dan lebih halus buatannya.

8. Cek charging
Apakah hpnya bisa ngecarge dengan benar.

9. Cek panggilan
Lakukan panggilan keluar masuk, untuk menjamin bahwa speaker dan mic befungsi dengan baik, begitu juga speker phonenya (loud speaker).

10. Cek baterai
apakah masih baik dan normal atau bermasalah alias bocor. Baterai yang bocor biasanya hanya bartahan satu atau dua hari dalam posisi standby dan beberapa jam saat kondisi sering digunakan.
Untuk NOKIA asli tidaknya, bisa di cek dengan meng sms 20 digit no yg tertera pada baterai asli ke nomor center nokia +447786200276, asli tidaknya nanti anda akan dapat balasan dari no tersebut.

11. Tanyakan Garansi
Jangan lupa untuk menanyakan jaminan bahwa ponsel tidak akan rusak dalam waktu singkat. Kadang ponsel second adalah hasil perbaikan dari ponsel yang rusak yang belum tentu stabil dan lengkap fungsinya. Bila tidak ada garansi maka anda dapat menurunkan harga tetapi anda akan menanggung resiko yang besar. Garansi beberapa minggu atau bulan akan lebih baik.
Minta pula nomor telepon dan alamat yang dapat dihubungi.
Segera hubungi yang menjual ketika anda menemukan kejanggalan.

Selamat Mencoba !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s