Permohonan Pasang Baru Listrik/PLN Secara Online


Semangat pagi…..Merdeka…Merdeka…Merdeka….
Kali ini BC mau berbagi pengalaman kemarin nih, mengenai proses permohonan pemasangan baru listrik/PLN dirumah. Permohonan diajukan hari Kamis kemarin tertanggal 15 Agustus 2013.
Berikut adalah ritual permohonan pemasangan listrik/PLN baru secara online :

  1. Siapin PC berikut koneksi internetnya
  2. Buka browser langsung menuju TKP gan: http://www.pln.co.id
  3. Sorot Tab Pelanggan pilih Layanan Online
  4. Isi semua kolom pada Data Pelanggan dan Data Pemohon
    PLN01 copy      PLN02 copy
  5. Pada kolom Tarif/Daya Baru,
    Pilih Produk Layanan yang diinginkan :
    PASCABAYAR (POSTPAID) atau PRABAYAR (PREPAID)
    Peruntukan : Sosial, Rumah Tangga, Bisnis, Publik, atau Industri
    Daya : 450-900…-41500 (pilih yang sesuai kebutuhan)
  6. Karena BC memilih layanan PRABAYAR (REPAID), maka kita juga harus menentukan jumlah Token Perdana : dari 20.000, 40.000 sampai 1000.000 juga ada, kalau sudah selesai
  7. Klik Hitung Biaya
  8. Cek kembali kolom yang tadi di isi, Pastikan di isi dengan data yang benar
  9. Tuliskan capcha pada kolom yang tersedia, kemudian
  10. Klik menu Simpan Permohonan
    Jika proses menyimpan permohonan berhasil, lanjut ke ritual berikutnya :
  11. Buka email, cek folder inbox / spam, PLN Online (pln-online@pln.co.id) akan mengirimkan email pertama berupa bukti permohonan yang di dalamnya berisikan Kode Transaksi.
    kopi kode transaksi, lalu
  12. Buka halaman Konfirmasi Pasang Baru dan Perubahan Daya Online
  13. Masukan (paste) kode transaksi, lalu klik simpan
    jika berhasil PLN Online (pln-online@pln.co.id) akan mengirimkan email yang ke dua
    PLN KONFIRMASI copy
  14. Cek folder inbok/spam pada email, email yang kedua ini berisikan Nomer Register (Kode Bayar)
  15. Unduh / Download kedua email yang dikirim PLN Online (pln-online@pln.co.id) tadi kemudian print out (sebagai bukti tertulis Permohonan dan Nomer Register)
  16. Selanjutnya kita dipersilahkan untuk melakukan pembayaran lewat Bank/Loket Mitra PLN dengan menunjukan Nomor Registrasi (kode bayar) selambat-lambatnya 30 hari sejak diterimanya email konfirmasi.

Dikarenakan cuaca hari Kamis sedikit gerimis dan hari sudah agak sore, BC putuskan pembayaran dilakukan hari Jum’at pagi di Loket Mitra PLN saja. Sesampainya di loket BC jelaskan ke petugas loket kalau BC hendak melakukan pembayaran Permohonan Pasang Baru dengan memberikan Nomer Registrasi (kode bayar) yang sudah di print out. Selang beberapa detik petugas loket pun memberikan struk bukti pembayaran untuk BC tukar dengan 7 lembar uang merah seratus ribuan :p berikut bukti struknya
PLN03 copy_resize
Oh ya berdasarkan informasi yang BC dapat dari petugas loket, waktu yang dibutuhkan untuk proses pemasangan/instalasi KWH, kurang lebih 10 hari kerja. dan pada saat proses instalasi nanti BC disarankan menyiapkan materai 3 ribu sebanyak 2 lembar. Informasi selanjutnya akan BC update / dibuat postingan lanjutan kalau-kalau ada perubahan.
Mudahan-mudahan bermanfaat

About these ads

One response to “Permohonan Pasang Baru Listrik/PLN Secara Online

  1. Pasang Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s